Read Tiger! by Mochtar Lubis Free Online


Ebook Tiger! by Mochtar Lubis read! Book Title: Tiger!
The author of the book: Mochtar Lubis
City - Country: No data
Loaded: 1426 times
Reader ratings: 4.9
Edition: Select Books
Date of issue: 1991
ISBN: 9810025033
ISBN 13: 9789810025038
Language: English
Format files: PDF
The size of the: 547 KB

Read full description of the books:



Bagaimana jika anda adalah satu diantara 7 pengumpul damar yang sedang kembali dari hutan ke kampung halamannya?
Bagaimana jika ternyata rombongan anda diintai oleh seekor harimau tua yang kelaparan?
Bagaimana jika satu per satu anggota rombongan anda tewas dimangsa oleh harimau tersebut?
Bagaimana jika korban pertama dari rombongan anda itu tidak langsung meninggal, tapi sekarat dan terus menyerukan kepada anda semua untuk bertobat, karena serangan harimau ini pasti hukuman atas kesalahan anda semua di masa lampau?
Bagaimana jika seluruh anggota rombongan ternyata memang merasa melakukan dosa besar, apakah memang mereka harus mengakui kesalahan tersebut di depan umum agar terhindar dari hukuman melalui "cakar" harimau itu?
Bagaimana jika salah satu anggota rombongan lebih merasa terancam pada pandangan para anggota lainnya atas dirinya daripada ancaman harimau tersebut?

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas cerita ini terbentuk. Cerita memukau yang dengan lugas diceritakan melalui penuturan tokoh-tokoh di novel ini, baik dalam hati, baik sesuatu yang memang benar terjadi, baik yang baru dugaan, mengalir dengan lancar. Bahkan di satu saat sang harimau pun bisa menjadi penutur dan menceritakan mengapa dia terus mengintai dan mengejar rombongan pengumpul damar ini.

Cerita berjalan lancar, dengan tempo yang terjaga. Sehingga pembaca akan tetap merasa "penasaran" dengan akhir cerita. Mungkin bukan selera semua orang sehubungan setting cerita yang kuno, yang mungkin sekarang semakin sukar dibayangkan. Mungkin beberapa orang agak terganggu dengan cerocosan nya tokoh Pak Haji yang saat menjelang ajalnya begitu mudahnya sadar dan tiba-tiba dengan semangatnya menasehati sisa anggota kelompok tersebut. Salah satu nasihat paling ngetopnya adalah: "sebelum kalian membunuh harimau yang buas itu, bunuhlah lebih dahulu harimau dalam hatimu sendiri". Nasihat luar biasa dari orang yang sudah menjelang ajal.

Bagian paling mantap dari cerita ini adalah sikap orang-orang tersebut saat issue "ini hukuman atas dosa-dosa kita" dimunculkan. Karena inilah sikap dasar manusia Indonesia selama ini. Jika ada yg tidak beres, mereka cenderung mencari-cari kesalahan yang dilakukan yang menyebabkan bencana ini terjadi. Tentu anda ingat saat gempa bumi terjadi di Padang, yang paling banyak muncul di milis-milis adalah himbauan agar kita memohon ampun atas kesalahan yang kita lakukan, bencana alam ini adalah hukuman Tuhan kepada kita, pasti akan terjadi lagi jika kita belum tobat.
Apakah mereka tidak memikirkan perasaan para korban bencana, yang sudah banyak kehilangan (harta maupun nyawa orang-orang terkasih) namun masih mendapat "tuduhan": ini hukuman atas dosa-dosamu.
Teganya.

Sepertinya Mochtar Lubis tidak sependapat mengenai soal "hukuman Tuhan" ini. Karena di cerita ini, dua anggota rombongan yang melakukan dosa paling besar, menyekutukan Allah dan zinah, justru selamat dari terkaman harimau. :-)
Menurut pendapat saya (mungkin sama dengan Mochtar Lubis :-)), kesenangan dan kesusahan, keduanya adalah cobaan dari Tuhan untuk menguji keimanan kita. Tidak pada tempatnya menempatkan kesusahan sebagai hukuman dari Tuhan. Hukuman Tuhan terutama akan dikenakan di akhirat, karena memang di situlah benar-benar tempat anda menerima hukuman atau pahala atas tindakan anda selama di dunia. Dunia hanyalah tempat ujian, bukan hukuman, untuk manusia.

Akhirnya saya merekomendasikan buku ini untuk anda baca, dan mendapatkan pengalaman 'spiritual' yang sama dengan saya saat membaca buku ini.
Semoga. :-)


Download Tiger! PDF Tiger! PDF
Download Tiger! ERUB Tiger! PDF
Download Tiger! DOC Tiger! PDF
Download Tiger! TXT Tiger! PDF



Read information about the author

Ebook Tiger! read Online! Mochtar Lubis lahir tanggal 7 Maret 1922 di Padang. Mendapat pendidikan di Sekolah Ekonomi INS Kayu Tanam, Sumatera serta Jefferson Fellowship East and West Center, Universitas Hawai. Aktif sebagai penerbit dan Pemimpin Redaksi Harian Indonesia Raya Jakarta. Memperoleh Magsaysay Award untuk jurnalistik dan kesusasteraan, Golden Pen Award dari International Association of Editors and Publishers, Hadiah Sastra dari Badan Musyawarah Kebudayaan Nasional, Hadiah Penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia, Hadiah dari Departemen P dan K tahun 1975 bagi novelnya "Harimau! Harimau!", dan Hadiah sastra dari Yayasan Jaya Raya untuk buku terbaik tahun 1977-1978, tanggal 15 Desember 1979, untuk romannya "Maut dan Cinta".

Buku-bukunya yang telah terbit antara lain: "Senja di Jakarta", "Jalan Tak Ada Ujung" (terbit dalam berbagai bahasa), dan "Etika Pegawai Negeri" (ed.bersama James Scott). Selain itu ada juga buku-buku tentang liputan dan pers, bacaan anak-anak, dan dua ceramah yang diterbitkan sebagai buku, yaitu "Manusia Indonesia" dan "Bangsa Indonesia". Semasa hidupnya beliau menjadi Anggota banyak lembaga penting, seperti Pimpinan Umum majalah Horison, Editor majalah Media (yang diterbitkan di Hongkong oleh Press Foundation of Asia); anggota Board of the International Association for Cultural Freedom, dan anggota Board of the International Press Institute (Zurich).

Beliau juga banyak mencurahkan perhatiannya pada masalah lingkungan hidup dan masalah-masalah ekologi. Mengalami tahanan penjara selama 9 tahun (1956-1965) dalam masa pemerintahan Presiden Soekarno; dan pada tahun 1974 mengalami dua bulan tahanan setelah terjadinya peristiwa "Malari" bersamaan waktunya dengan pembreidelan Indonesia Raya. Beliau juga pernah menjadi Direktur Yayasaan Obor Indonesia.

Bibliography:
* Tidak Ada Esok (novel, 1951)
* Si Jamal dan Cerita-Cerita Lain (1950)
* Teknik Mengarang (1951)
* Teknik Menulis Skenario Film (1952)
* Harta Karun (cerita anak, 1964)
* Tanah Gersang (novel, 1966)
* Senja di Jakarta (novel, 1970)
* Judar Bersaudara (children story, 1971)
* Penyamun dalam Rimba (children story, 1972)
* Manusia Indonesia (1977)
* Berkelana dalam Rimba (children story, 1980)
* Kuli Kontrak (1982)
* Bromocorah (1983)


Reviews of the Tiger!


TEDDY

Not impressed

HUGO

A hard, shocking, but extremely useful book that makes you think!

ZARA

I never liked the book.

FRANKIE

A book that completely overturned consciousness

ISLA

The book is a masterpiece that makes a richer soul, speech, and wider horizon.




Add a comment




Download EBOOK Tiger! by Mochtar Lubis Online free

PDF: tiger.pdf Tiger! PDF
ERUB: tiger.epub Tiger! ERUB
DOC: tiger.doc Tiger! DOC
TXT: tiger.txt Tiger! TXT